Why Campaigning #ambonbergerak ?


Mengapa Ambon perlu bergerak ? Pertanyaan sederhana tapi penting itu bukannya baru dipikirin. Sejak pertama kali kami sepakat untuk menyebarkan semangat yang kami sebut AMBON | BERGERAK lewat social media macam facebook dan webpage, sesungguhnya alasan tersebut sudah ada dalam pikiran. (walaupun anehnya secara lisan ga pernah kami diskusikan)

Kami berpikir, teman-teman orang muda di Ambon pasti juga merasakan dorongan dan keinginan yang sama untuk berdiri dan bergerak, bertindak atas kondisi yang seakan-akan menciptakan atmosfer stagnan dalam kehidupan orang muda di Ambon.


Kami secara ga sengaja lupa bahwa, diluar lingkaran pergaulan kami (yang kami tahu menyimpan keinginan yang serupa), banyak orang yang pada akhirnya ikut serta dalam social campaign ini, (walaupun hanya dengan menyumbang jempol dlm status dan comment mereka di site) yang pada akhirnya bertanya, mengapa Ambon perlu bergerak, mengapa gerakan ini ada, siapa yang berada dibaliknya, dan apakah ini ga ada hubungannya sama kekuatan-kekuatan politik tertentu (#maklum aja, bentar lagi ambon masuk musim pilkada :D) Pada akhirnya ternyata terbukti kalo semacam memorandum tentang apa itu AMBON | BERGERAK saja memang ga’ cukup.


 Untuk semua pertanyaan itu, kami Cuma pingin bilang kalo AMBON | BERGERAK basicly lahir dari keresahan, kecemasan, pendeknya suatu dorongan yang terus menerus tentang bagaimana potensi orang muda Ambon yang begitu besar dalam bidang kreatif dan di kota ini kadang-kadang ga’ berbanding lurus sama kondisi.

Seringkali keadaan, bikin kreatifitas yang mustinya bisa menonjol dan jadi sesuatu ga’ bisa muncul, seringkali orang muda ambon musti menyerah sebelum bertanding. Gara-gara satu dan lain hal. Misalnya saja, teman-teman orang muda yang bergulat diusaha penyelenggara kegiatan pada akhirnya seringkali menyerah sebelum bergerak gara-gara dihantam badai pajak hiburan yang 25 % dan cost produksi ijin keamanan yang sering “ tak jelas “. Itu baru satu saja.


Pada hal lain, seringkali alasan dari layu sebelum berkembangnya kreatifitas orang muda di Ambon ini juga ada di diri orang muda ambon sendiri. Kita, kadang-kadang terkenal kurang disiplin dan ga bisa terlalu bekerja dalam tim. Selain itu, kita juga sering dikait-kaitin sama budaya katang, yang katanya suka narik teman sendiri. Pendeknya ada temen yang bilang kalo kadang-kadang kita deket banget dengan idom “ susah liat orang senang, senang liat orang susah “.


Being in one team as one itu kadang-kadang susahnya minta ampun. Kita punya ego yang terlalu besar untuk dengerin apa kata orang lain. AMBON | BERGERAK inginnya bisa jadi semangat menghilangkan kebiasaan macam itu.


Ditengah makin banyaknya komunitas kreatif anak muda yang bermunculan dikota ambon tahun-tahun belakangan ini (yang anehnya ga berbanding lurus dengan event2 kreatif buat orang muda) kita merasa tuntutan itu jadi makin penting.


Kita merasa sudah waktunya untuk mensinergikan potensi itu sama-sama. (tentu saja dengan ga berusaha menjadi sebuah suprastruktur ; ya alah ini bahasa susah; maksudnya seng ada yang jadi kapala deng ekor) dari sekian banyak komunitas kreatif yang bermunculan itu. Kita ingin maju sama-sama. Kita pendeknya ingin bilang pada temen-temen yang sudah bergerak, untuk mari bergerak sama-sama. bukan mangurebe, tapi tomma maju sama-sama.


The whole point of this litle craps adalah, bahwa teman-teman orang muda yang menginisiasi gerakan kampanye semangat ini sebenarnya punya tiga point tujuan utama :


* membentuk kesadaran kolektif tentang perlunya bergerak maju sama-sama buat orang muda Ambon lewat online dan offline campaign.

* Nunjukin betapa besarnya potensi kreatif di orang muda ambon pada khalayak banyak lewat campaign yang dampaknya masif dan
* Membentuk kepedulian kolektif dalam kepala orang muda ambon, dan kepercayaan diri bahwa kita bisa maju, walaupun apapun halangannya kalau kita mau maju. Bahwa kita bisa merubuhkan semua penghalang. Bahwa kita musti berhenti menggerutu dan diam saja melihat, keadaan, mari sadar, mari peduli, mari bergerak, mari berbuat. Demanding and just protesting is so ten years ago


So... alasannya mungkin terdengar klise (salah ding, terbaca klise :D) but that is the truth. AMBON | BERGERAK tak ingin jadi macam politisi atau parpol yang ngefans sama lagu AUDY “ janji di atas ingkar “. Itu pada akhirnya juga alasan mengapa gerakan ini bukanlah organisasi atau lembaga, atau bahkan organisasi tanpa bentuk yang terikat dengan kepentingan perseorangan atau kapital apapun. AMBON | BERGERAK selamanya akan tetap menjadi kampanye semangat bergerak maju yang mudah-mudahan bisa menjadi rumah abstrak bagi awal bergeraknya banyak mimpi orang muda Ambon.


Karena pada dasarnya AMBON | BERGERAK adalah kampanye semangat maka pekerjaan awal dan utama dari gerakan ini tentulah kampanye itu sendiri. Sebuah gerakan sosial memang musti dikampanyekan dengan masif dan terfokus lewat berbagai cara yang murah dan mungkin. Buat kami itu penting karena, kesadaran “ awareness “ kata orang-orang yang bergiat di bidang media campaign dan public communication nyatanya memang dibentuk oleh impressi dan penciptaan perhatian atas suatu isu dengan pemanfaatan momentum yang tepat.


Momentum bisa dibikin, dan nyatanya sekarang sudah ada, toh potensi kreatif orang muda ambon itu nyata dan sudah hadir dalam banyak komunitas-komunitas. Yang harus diperjuangkan sekarang adalah gimana menciptakan impressi yang bisa menggugah dan propaganda fokus yang menjawab keinginan orang muda ambon serta bisa nempatin potensi kreatif muda orang ambon agar dapat perhatian secara massif, (katakanlah awalnya dapat perhatian elemen lain orang ambon yang sering ga percaya sama kemampuan orang muda ambon sendiri).


Kita tentu saja ga bakal, bikin video XXX ambon bergerak macam Axiel dan Lun2, untuk dapat perhatian massif hingga bisa jadi trends topic di social net online... tapi bukan ga mungkin kalo kan kita berusaha untuk mendapatkan perhatian yang sama, yang nyaris tanpa biaya di social net online.


Yang perlu kita semua lakukan hanya mengkampanyekan terus semangat ini pada orang lain. satu orang mengajak tiga orang, atau bahkan satu orang mengajak satu orang saja. Bahkan sekedar jempol atau likes saja sudah sangat membantu sebagai dukungan semangat.
  Kayaknya itu dulu.... (kalo lebih panjang lagi, takutnya seperti tak  percaya kalo teman-teman orang muda mengerti dan mendukung gerakan semangat ini)

At the end, kami cuma pingin bilang bahwa, kalo orang muda Ambon bergerak, kota ini pasti juga bakal bergerak, Maluku bakal bergerak, Indonesia bakal bergerak dan dunia akan jadi tempat yang lebih baik (#ngefans sama lagu heal the worldnya The King :D)


Semangat AMBON | BERGERAK ini hanyalah ajakan lewat satu ketukan gerakan dalam hati untuk menggerakan kita kearah yang lebih baik. Lebih berguna, lebih bermanfaat. Move to elevate. Buat kami itu yang penting dalam hidup, berbuat, berarti. Bukannya itu semua pikiran kita.


That’s is it, buat kami itu semua omongan melompat-lompat diatas itu mudah-mudahan cukup untuk bilang betapa pentingnya buat mengkampanyekan AMBON | BERGERAK.


M Burhanudin B / @tero2_boshu

Orang muda Ambon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar